BELAJAR DARI SEMUT

hmm kenapa harus semut?

Oke sahabat Ibe, salah satu dari sekian banyak makhluk hidup ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, semut adalah makhluk yang mendapat kehormatan. Bahkan nama binatang ini telah di jadikan nama surat AlQur’an, yaitu An-Naml. Penyebutan binatang tersebut karena padanya terdapat sisi-sisi kebaikan yang bisa di jadikan pelajaran bagi manusia.

Maa syaa Allah, Sangat menarik bukan?

Lalu pelajaran apa yang bisa diambil dari semut? scroll terus yuk, selamat menjelajaahhhh!

Pertama

Semut merupakan binatang yang paling suka bersilaturahim. Mereka tidak lupa bertegur sapa dan saling memberi salam bila bertemu. Kemampuan berkomunikasi dengan menguasai segala teknisnya secara baik dan benar merupakan sikap penting dan gaya hidupnya. Saling bertukar informasi menjadi tabiat koloni ini.

Kedua

Semut selalu berusaha mandiri dan bekerjasama. Kemandiriannya tidak menghambatnya untuk saling berta’awun, sebaliknya kerjasamanya tidak mengurangi kemandiriannya. Koloni semut ini tidak egois dan individualis.

Ketiga

Semut merupakan binatang memiliki etos kerja keras, tak kenal menyerah. Hewan bernama ilmiah Formicidae itu memiliki kesungguhan dalam menghadapi hidup dan usaha yang penuh risiko, tantangan, cobaan, dan ujian. Segala rintangan dihadapi dengan disiplin dan tanggung jawab dengan sepenuh jiwa.

Keempat

Semut merupakan binatang yang selalu aktif dan kreatif. Inisiatifnya patut di acungi jempol. Mereka inovatif dalam mengejar impian hidupnya.
Pernah di jumpai koloni semut bekerja bahu membahu menyemberangi sungai yang luas dengan menggunakan sisa-sisa patahan ranting. MasyaAllah, bagaimana mereka saling berkoordinasi, berbagi tugas, dan berimprovisasi?

Kelima

Mereka mengembara dengan hanya mengandalkan fisiknya yang ringkih. Meskipun demikian mereka dengan gagah beraninya berjuang dengan menghadapi risiko yang tidak sederhana.

PENJELASAN

Menurut Ibnu Katsir, semut termasuk ke dalam hewan yang hidup bermasyarakat dan berkelompok. Hewan ini mempunyai keunikan, yaitu memiliki ketajaman indra dan memiliki sikap yang sangat berhati-hati, serta memiliki etos kerja yang sangat tinggi.

Semut memiliki koloni yang terbagi ke dalam beberapa kasta, yaitu Ratu semut, semut pejantan, semut tentara/prajurit, dan semut pekerja yang telah mempunyai tugasnya masing-masing.

Kasta pertama yaitu ratu dan pejantan, yang dimana Ratu semut bertugas untuk bereproduksi dan pejantan bertugas untuk mengawini ratu yang kemudian setelah melakukan tugasnya akan mati.

Yang kedua semut prajurit, yang bertugas untuk berburu, membangun sarang, dan mencari daerah baru untuk tempat tinggal.

Kasta ketiga semut pekerja, yang terdiri dari betina yang mandul yang bertugas melayani ratu dan larva dan mencari makan sebagai tugas tambahannya.

Mereka hidup saling menopang dan membantu dengan daya juang tinggi yang di landasi rasa peduli dan peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Kesetiakawanan dan kepekaan terhadap lingkungan ini telah terekam dengan baik dalam Al Quran ketika menceritakan kawanan semut dan pasukan Nabi Sulaiman. Allah SWT berfirman:

“Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut:“Hai semut-semut, masuklah ke sarangsarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”. Maka dia (Sulaiman) tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu berdoa,
“Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.”…”

(QS: An-Naml [27]: 18 – 19).

Wajah Asli Semut

Tersebarnya foto semut ini berawal dari kompetisi foto tahunan Nikon yang bertajuk “2022 Nikon Small World Photomicrography Competition.”

Tampilan semut yang diperbesar hingga lima kali sontak menarik perhatian publik, khususnya para pengguna jejaring sosial Twitter. Melihat unggahan tersebut, warganet ramai memberikan tanggapan terkejut hingga menjelekan tampilan semut.

“Pantes kalo digigit nyeri, giginya kayak gitu, ” kata pemilik akun @rxmoul.
“Serem ternyata, pantesan kalo digigit sakit ternyata giginya kayak duri,”sahut akun @haii_nuuuuu.
“Jelek banget ya ternyata. Untung kecil jadi gak keliatan,” tulis akun @aposhean.

Bahkan, ada komentar nyeleneh yang menyangkutkan dengan kondisi kulit semut yang kurang ideal, seperti kebanyakan masalah pada wajah manusia.
“Acne prone skin ternyata dia tuh,” kata akun @nunataekoo.
“Pori-porinya gede amat, pasti semutnya jarang eksfoliasi,” komentar akun @chimolattea

Hikmah yang bisa kita ambil dari fakta tentang semut ini yaitu bahwa:
ALLAH MAHA ADIL
Dengan wajah seseram itu, Allah ciptakan semut berukuran kecil, kebayang gak? kalau Allah ciptain semut besar? Pasti manusia pada ketakutan. Kemudian rasa bersykur kita meningkat, yakni manusia adalah makhluk paling sempurna diantara makhluk yang lain dengan segala bentuknya.

Referennsi: Ustadzah Yusniati,21 Oktober 2023


Abu Umamah meriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW bersabda “Seseorang masuk surga, lalu dia melihat tulisan di atas pintu surga ‘Satu sedekah dibalas sepuluh kali lipat, dan pinjaman dibalas 18 kali lipat.” (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)

Jadi tunggu apa lagi sahabat?? sedekah yukkkkk>>> https://bit.ly/Sedekahyukk

Konfirmasi: wa.me/6285797509845

Cek sosial media kami di:
Instagram : https://www.instagram.com/infaqberkahqurani/
Facebook : https://m.facebook.com/InfaqBerkahQurani
Website : https://infaqberkah.id
YouTube : https://www.youtube.com/c/InfaqBerkahQurani
Tiktok: https://www.tiktok.com/@infaqberkah

Peny Nurhayati, Relawan Infaq Berkah


Tinggalkan Balasan