Sikap Menghadapi Ujian Kehidupan

Meski tak sama persis, meski jalannya penuh tangis

Sahabat.. Yakinlah setiap hal yang kamu usahakan dan perjuangkan pasti akan bertemu dengan hasil yang kamu inginkan. Tetap semangat, kamu kuat!

Tetaplah ingat bahwa semua yang telah di lakukan di dunia ini pasti akan mendapatkan balasannya, begitupula usahamu. Semua itu tergantung seberapa kuat kamu menahan sebuah konsistensi dalam berjuang. Tetaplah berada di jalur perjuangan yang benar, maka sebuah kesuksesan pasti akan mendekatimu

Siapapun manusia yang hidup di dunia pasti pernah merasakan ujian kehidupan. Jika kita mau membedah makna di balik sebuah ujian yang menimpa kita, maka kita akan mengetahui pesan yang di selipkan Allah SWT kepada kita. Ujian kehidupan tidak selalu berupa kemalangan maupun kesedihan, sebaliknya ujian kehidupan juga dapat berupa kesenangan maupun melimpahnya harta. Pertanyaan yang akan muncul adalah, darimana kita tahu hal tersebut adalah sebuah ujian? Indikator sederhana yang dapat di gunakan adalah bagaimana hubungan kita dengan Sang Pencipta. Apakah ketika mendapatkan harta melimpah lantas kita sombong dan mudah untuk merendahkan orang lain? Ataukah justru sebaliknya kita akan semakin dermawan dan bijaksana?

Dilansir dari artikel Universitas Ahmad Dahlan, Menurut Subagyo (Subagyo, 2020) ada 6 (enam) sikap yang bisa kita jadikan pedoman untuk menghadapi ujian tersebut, yaitu :

  1. Sabar, karena sikap sabar ini merupakan kunci dalam menyelesaikan berbagai masalah kehidupan.
  2. Semakin beriman, sebab Iman adalah pondasi hidup seorang Muslim.
  3. Mengingat Allah Ta’ala. Jika mengingat Allah Ta’alamaka seorang hamba akan dilapangkan dadanya, bahkan lebih lapang dari dunia dan seluruh yang ada di dalamnya.
  4. Ridha dan berkhusnudzan atas ketetapan Allah.
  5. Introspeksi diri, sebagaimana dalam tafsir As-Sa’di di atas bahwa ketika ujian itu ada, maka seseorang menjadi mulia atau menjadi hina (karenanya). Dari sini, menjadi media bagi kita untuk bermuhasabah atas seluruh amal ibadah yang kita lakukan selama ini.
  6. Berikhtiar mencari solusi. Setiap masalah pasti ada solusinya. Seringkali kita tidak mencari solusi tetapi justru mempermasalahkan masalah itu sendiri.

Pesan Moral:

Pesan moralnya adalah ketika kita mengalami ujian baik berupa kesedihan dan kegembiraaan maka kita sebaiknya bersikap sewajarnya. Sedih dan senang boleh asal tidak berlebihan. Biarkan semuanya sesuai porsinya. Maka inilah kewajiban setiap muslim. Hendaknya mereka pertengahan dalam setiap perkara, tidak berlebihan dan tidak seenaknya. Baik dalam masalah ini atau permasaahan yang lain. Baik itu masalah agama atau masalah dunia (Sartono, 2020).

Dari Ka’ab bin Farruh, dari Qotadah, dari Mutarrif bin Abdullah, dia mengatakan

خير هذه الأمور أوساطها، وألحسنه بين السيئتين

“(Umumnya) perkara yang terbaik adalah yang pertengahan, dan kebaikan itu di antara dua kejelekan.”

Referensi:

Sartono, A. H. (2020, August 6). Bersikap Sewajarnya dalam Membelanjakan Harta. Retrieved May 18, 2023, from Muslim.or.id website: https://muslim.or.id/57865-bersikap-sewajarnya-dalam-membelanjakan-harta.html

Subagyo, A. (2020). Enam Sikap Menghadapi Ujian | tadabbur. Retrieved May 18, 2023, from Tadabbur.republika.co.id website: https://tadabbur.republika.co.id/posts/110963/enam-sikap-menghadapi-ujian

Kontributor:

Yusti Sugini (Pustakawan UAD Kampus 4)


Sahabat.. menjadi penghafal Al-Quran adalah impian setiap orang, Membaca dan menghafalkannya adalah suatu kemuliaan, sebab dengan Al Quran kita akan merasa lebih dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sayangnya tidak semua orang mendapat kesempatan ini

Eeeeiits, tapi jangan khawatir sahabat.. walau pun tidak menjadi penghafal Al Quran, kita masih bisa berkontribusi untuk mencetak generasi-generasi penghafal Al-Quran lho.. Dengan melalui Program Orang Tua Asuh Santri Penghafal Quran Ma’had Aly Pondok Quran.

Kami  mewadahi para donatur untuk memberikan beasiswa bagi para penghapal Al Quran baik berupa dana pendidikan ataupun biaya kehidupan para santri, Alhamdulillah sudah 14 santri dari 104 santri yang sudah punya ortas, dan masih ada 74 santri lagi yang belum mempunyai ortas. Yuk sahabat.. pastikan ada jejak amal jariyahmu disini dengan menjadi ortas Melalui:

Mandiri 13100-1557-5923 a/n Yayasan Infaq Berkah konfirmasi: https://bit.ly/Admin1Infaqberkah (Kak Syifa )

atau

LINK DONASI>>: https://www.amalsholeh.com/bahagiakan-anak-yatim-dan-penghafal-quran-diakhir-tahun

Informasi/Konfirmasi:
wa.me/6282120409296

Jazakumullahu Khairan Katsiran, semoga donasi terbaik yang Soib berikan, menjadi berkah dan menjadi wasilah untuk bertemu dengan keluarga Allah di surga nya Allah Subhanahu Wa Ta’ala.. aamiin allahumma aamiin.

Cek sosial media kami di:
Instagram : https://www.instagram.com/infaqberkahqurani/
Facebook : https://m.facebook.com/InfaqBerkahQurani
Website : https://infaqberkah.id
YouTube : https://www.youtube.com/c/InfaqBerkahQurani
Tiktok: https://www.tiktok.com/@infaqberkah

Tinggalkan Balasan