The Multiverse of Abu Ubaidah; Yang Dulu dan Sekarang

Di lansir dari: Gen Saladin | @gen.saladin | t.me/gensaladin

Sahabat Rasulullah ﷺ itu ada ratusan ribu, lengkap dengan segala keahlian, potensi dan kelebihannya masing-masing. Mereka bintang dalam setiap bakatnya, namun tentu dari banyak bintang itu, ada yang terangnya lebih benderang dan cahayanya lebih kemilau. Ada 10 sahabat yang dijamin masuk surga, para all-star generasi sahabat yang besar kontribusinya dalam membela Rasulullah ﷺ. Dan kini aku akan kisahkan padamu, 1 dari 10 nama sahabat yang hari-hari ini makin sering disebut: Abu Ubaidah.

Lelaki itu mungkin tidak sesering kau membaca tentang Abu Bakr atau Umar, atau Utsman atau Ali. Namun tahukah engkau, bahwa Umar bin Khattab menjelang wafatnya setelah tertusuk belati berkata sambil mengenang sosok Abu Ubaidah, “jika saja hari ini Abu Ubaidah masih hidup, aku akan minta dia untuk menjadi Khalifah!” Atau, ketika Umar pernah berkata pada Abu Ubaidah, “dunia telah mengubah kami semua, kecuali engkau wahai Abu Ubaidah.”

Beliau adalah Abu Ubaidah bin Jarrah Radhiyallahu Anhu, yang Rasulullah ﷺ pernah bersabda tentangnya, “setiap umat memiliki orang yang paling terpercaya, dan yang paling terpercaya dari umatku adalah Abu Ubaidah.” (Barangkali energi nama itu pulalah yang menginspirasi dan membuat kata-kata Abu Ubaidah zaman sekarang mampu menguatkan jiwa Umat Islam, bahkan para zionazi lebih percaya kata-katanya daripada pidato Netanyahoax)

Sosok ini di kemudian hari menjadi seorang panglima tertinggi bagi Kaum muslimin dalam membebaskan Bumi Syam.

Jika kau ingin tahu siapakah pemimpin utama Kaum muslimin di zaman sahabat yang membuka gerbang bebasnya Masjid Al Aqsha, maka Abu Ubaidah-lah orangnya. Khalid memang jenius dan gagah berani di medan tempur, tapi Abu Ubaidah bin Jarrah adalah ruh maknawi yang membuat pasukan muslimin semakin yakin akan pertolongan Allah. Sebab beliau telah membela Nabi ﷺ di hari-hari pertama dakwah, ketika satu dunia tak mempercayainya.

Jauh ribuan tahun setelah Abu Ubaidah bin Jarrah melukis tinta emas bagi sejarah manusia, kini di tahun 2023 ada sebaris pejuang yang gagah perkasa menghadapi musuh, teguh kukuh meski jumlah sedikit dan senjata seadanya. Di antara mereka, ada salah satu bintang yang menjadi juru bicara yang mengabarkan pada dunia tentang apa yang terjadi di garis depan. Ia dipanggil dengan nama “Abu Ubaidah”, sebuah nama yang kembali akan mengingatkanmu tentang Abu Ubaidah yang dulu. Meski tentu levelnya berbeda.

Dalam syair kebanggaan brigade pejuang Palestina, mereka menggambarkan kebanggaan mereka pada sang pria yang wajahnya tertutup kafiyeh merah itu dengan sebuah ungkapan…

يا ملثم يا ابو الكوفية . يا رعب اليهود يا ابو عبيدة الهمة قوية . تصريحك بارود

Wahai orang bertopeng, wahai Abul kaffiyeh.

Wahai kengerian bagi Yahudi Wahai Abu Ubaidah pemilik tekad nan kuat Kata-katamu adalah mesiu

Oh ya, ada satu ungkapan dari Abu Ubaidah yang ingin ku sampaikan dan ulangi pada teman-teman semua. ‏Dalam salah satu pidatonya yang diliput juga oleh Aljazeera, ia menyampaikan rasa terima kasih para pejuanh yang khusus kepada para “ashabul aqlam” (orang-orang yang menulis, membuat konten siapapun yang menyebarkan kabar untuk membela Palestina), dan tentu saja yang dia maksud adalah semua orang-orang yang bersuara lantang dan bersikap teguh membela para pejuang dalam menghadapi narasi palsu musuh. Ya, kamu sedang dipanggil. Kamu dihitung. Kamu disebut, wahai sahabat sekalian…

Sumber referensi:

1. Shahih Al Bukhari, 3534

2. Asadul Ghabah fi Ma’rifati Ash Shahabah

3. Aljazeera Media Network

4. Adham Abu Salmiyyah, Jurnalis Gaza via @adham922

————-

Hiduplah ksatria Qassam

Para penjaga Palestina

Garda terdepan pembela AlQuds

Bala tentara negeri yang gagah

Murid-murid Sang Yasin

Di sini kami akan selalu mendo’akan serta mendukung perjuangan suci ini..

Yuk sahabat, kita dukung perjuangan tentara Allah dengan klik>>> https://bit.ly/IBepedulipalestina

Konfirmasi: wa.me/6285797509845

Cek sosial media kami di:
Instagram : https://www.instagram.com/infaqberkahqurani/
Facebook : https://m.facebook.com/InfaqBerkahQurani
Website : https://infaqberkah.id
YouTube : https://www.youtube.com/c/InfaqBerkahQurani
Tiktok: https://www.tiktok.com/@infaqberkah

Peny Nurhayati, Relawan Infaq Berkah

Tinggalkan Balasan